Thursday, 13 October 2011

Venezuela: PRESIDEN CHAVEZ MEMBERIKAN 15.000 HEKTAR TANAH KEPADA MASYARAKAT INDIGENA


Presiden Venezuela mengesahkan penggunaan tanah sebesar 15.000 hektar yang akan segera diberikan kepada masyarakat indígena (pribumi) di daerah Zulia dalam sebuah program baru yang dinamakan “socialismo indo-venezolano”.

Chavez mengumumkan hal tersebut dalam sebuah wawancara telefon dengan televisi nasional untuk memperingati “Hari Pertahanan Indigena” terhadap orang-orang Spanyol. Dia menyesali bahwa dia tidak bisa hadir dalam upacara tersebut karena proses penyembuhan kanker yang dihadapinya.

“Saya sedang mengesahkan penggunaan 25 bagian dari daerah yukpa yang berjumlah total 15.808 hektar untuk menyerahkan tanah tersebut kepada komunitas indígenas dari etnis Yukpa”, kata Chavez. Suku Yukpa ini berada di daerah Zulia yang berbatasan dengan Colombia.

Lebih lanjut dia memerintahkan wakil presiden, Elías Jaua, untuk membentuk sebuah “tim untuk misi baru (proyek sosial) yang berhubungan dengan socialismo indo-venezolano”, tanpa memberikan detail yang jelas tentang proyek tersebut.

Setelah itu, dalam sebuah program televisi nasional, Chavez menambahkan bahwa pemerintahannya akan terus dengan proyek “memberikan tanah bagi kaum indígena” baik dengan proyek pemberian tanah maupun pemberian proyek produksi dan perumahan untuk komunitas tersebut.

Dia juga mengumumkan penggunaan 880.3 juta bolívar (204 juta dólar Amerika Serikat) untuk mempercepat Misi Alma Mater, yakni pembangunan pusat universitas sosialis.

Tanggal 12 October merupakan Hari Pertahanan Indigena, yang menggantikan Hari Ras atau Hari Orang Spanyol, karena peristiwa kedatangan Cristoforus Columbus ke Amerika tahun 1492.

http://www.diariolasamericas.com/noticia/129191/32/ch%C3%A1vez-ordena-la-ocupaci%C3%B3n-de-15000-hect%C3%A1reas-para-ind%C3%ADgenas

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons