Sunday, 9 October 2011

Venezuela: HASIL JAJAK PENDAPAT DI VENEZUELA; CHAVEZ MENDAPAT DUKUNGAN PENUH MASYARAKAT

Pemilihan Umum di Venezuela masih setahun lagi. Namun jajak pendapat mengenai calon presiden yang paling diharapkan di Venezuela sudah dimulai. Hasil jajak pendapat ayng dilakukan oleh Hinterlaces, Datanalisis dan GIS-XXI yang dipublikasikan minggu ini semuanya menunjukkan bahwa Hugo Chavez mendapat dukungan antara 58% (dari Hinterlaces) dan 61% (GIS-XXI)masyarakat sementara pihak oposisi mendapat dukungan antara 10% (Hinterlaces) dan 35% (GIS-XXI).
Menurut banyak pihak, kemenangan Hugo Chavez dalam jajak pendapat ini disebabkan oleh hasil pemilihan anggota parlemen bulan September tahun lalu dan efek positif dari penyakit kanker yang dihadapinya. Sementara pihak posisi belum bisa menunjukkan kebersamaan mereka dalam menentukan calon dan identitas mereka.

Oscar Schemel, Presiden Direktur jajak pendapat Hinterlaces menyatakan bahwa tingkat popularitas Hugo Chavez meningkat 14 point sejak pemilihan anggota parlemen tahun lalu sampai sekarang ini. Namun demikian dia juga menyadari bahwa antara 6-7 orang dari 10 orang Venezuela tidak menyukai atau menolak pemerintahan Chavez terutama dalam bidang keamanan, biaya hidup dan persediaan kebutuhan masyarakat. Sangat mengherankan bahwa 6 atau 7 dari 10 orang Venezuela tidak mendukung pemerintahan Chavez tetapi menang dalam hasil jajak pendapat. Menurutnya, ini disebabkan bahwa pihak pemerintahan sudah melakukan strategi-strategi tertentu, sementara pihak oposisi belum menyatakan diri mereka. Tidak adanya alternatif lain dari masyarakat yang bisa mewakili suara mereka, membuat popularitas Chavez masih kuat.

Sementara direktur hasil jajak pendapat GIS-XXI, Jesse Chacón (mantan menteri kabinet Chavez) menunjukkan bahwa 61.4% dukungan kepada Chavez merupakan dukungan yang terbesar yang diperoleh Chavez sejak pemilihan presiden tahun 2006 lalu. Menurutnya sejak presiden mengidap kanker, pemerintah telah melakukan politik komunikasi yang baik sehingga pihak oposisi tidak mendapat tempat dalam komunikasi Venezuela. Namun dia menyakini bahwa bukan karena penyakit maka dukungan terhadap Chavez meningkat melainkan karena menggunakan aspek penyakit ini yang dihubungkan dengan situasi kemanusiaan.

Menurut data GIS-XXI, bulan Februari 2010 mendapat dukungan yang paling sedikit dari masyarakat: hanya 37.7% karena krisis listrik yang dihadapi negara ini sampai bulan Juni lalu. Namun demikian dia mulai mendapat dukungan dengan naik 16.8 point ketika dia mengambil alih semua masalah sosial yang ada di Venezuela. Dan masalah yang terbesar di Venezuela menurut Jesse Chacón, bahwa kelompok anti-Chavez tidak memiliki calon yang bisa dipercayai sampai sekarang ini.

Sementara Luis Vicente León, presiden Datanalisis, mengatakan bahwa dukungan kepada Chavez akan menurun setelah efek emocional atas penyakit yang dideranya hilang dari komunikasi pemerintahan nanti. Waktu satu tahun merupakan waktu yang cukup lama dan bisa terjadi berbagai hal dalam kurun waktu tersebut.


Sumberhttp://www.laprensasa.com/32_america/1302596_chavez-encabeza-comodamente-las-encuestas-a-un-ano-para-las-elecciones.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons