Friday 14 October 2011

PRESIDEN PERU, OLLANTA HUMALA, AKAN MERESMIKAN SIDANG UMUM MASYARAKAT PERS INTERAMERIKA KE-67

Presiden Peru, Ollanta Humala, akan meresmikan Sidang Umum Masyarakat Pers Interamerika Ke 67(Sociedad Interamericana de Prensa =SIP), yang akan dilakukan di Lima-Peru, di mana dia akan memberikan ceramah tentang penghormatan kepada kebebasan pers di Benua Amerika.

Pusat SIP di Miami, mengumumkan bahwa walaupun rapat tersebut akan berlangsung dari tanggal 14-18 Oktober di Lima, namun pidato Presiden Peru, yang menjadi presiden bulan Juli lalu, akan dilaksanakan hari Senin tanggal 17 Oktober nanti.

Organisasi ini menyatakan bahwa dalam kampanye presiden yang dilakukan Ollanta Humala, dia mengekspresikan janji setianya untuk menghormati kebebasan pers, saat diundang oleh sebuah forum yang diorganisir oleh Dewan Pers Peru (CPP) dan Institut Pers dan Masyarakat (IPYS).

“Ketika saya mengatakan bahwa media adalah pelayan demokrasi, itu adalah pesan jelas bahwa kita tidak menghendaki diktator”, kata Humala pada saat itu dan mengidentikan dirinya dengan kebebasan pers sebagai sesuatu hal yang penting.

Pertemuan SIP, dilakukan dua kali setahun, memiliki tugas utama yaitu mengevaluasi sikap kebebasan pers di wilayah ini serta melakukan aksi untuk mendukung kebebasan pers.

Rapat SIP ini dibuka Hari Jumat ini (14 Oktober) dengan diskusi dan seminar yang berhubungan dengan industri suratkabar kemudian akan mendengarkan konferensi internasional yang berhubungan dengan hukum pers dan etika jurnalis.

Hari Minggu nanti, para wartawan dan editorial akan menganalisis situasi kebebasan pers di setiap negara di wilayah Amerika dan meminta supaya hukum dan aturan pemerintah tidak menginjak-injak kebebasan pers dan berusaha mengurangi kejahatan terhadap wartawan di Amerika tahun 2011.

SIP adalah sebuah organisasi yang mendedikasikan dirinya pada pertahanan dan promosi kebebasan pers dan ekspresi di Amerika. Organisasi ini diikuti oleh lebih dari 1.300 media komunikasi di Amerika.

Sumber:

http://www.diariolasamericas.com/noticia/129248/32/humala-inaugurar%C3%A1-la-67-asamblea-de-la-sip

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons