Wednesday, 19 October 2011

PERUSAHAAN-PERUSAHAAN JERMAN MENINGKATKAN INVESTASI MEREKA DI AMERIKA LATIN


Dalam 10 tahun belakangan ini, Jerman telah melakukan investasi di Amerika Latin dan Karibe sejumlah US$ 83.300 juta. Jerman menjadi negara ketiga terbesar yang melakukan investasi di Amerika Latin, dibelakang Amerika Serikat dan Spanyol.

Berdasarkan laporan Asosiasi Perusahaan Jerman Untuk Amerika Latin yang disebarkan hari Rabu ini, sejak tahun 2001 perusahaan-perusahaan Jerman dan rekanannya telah membelanjakan lebih dari US$ 40.000 juta di Amerika Latin. Pada saat yang sama China juga telah meningkatkan investasi mereka dari nol menjadi US$ 22.000 juta dalam periode yang sama.

Brasil dan Mexico menjadi penerima atau negara tujuan investasi langsung terbesar Jerman di Amerika Latin. Sebanyak 70% investasi Jerman di Amerika Latin berada di Brasil dan Mexico, dan umumnya dalam bidang industri.

Hampir 90% investasi Jerman di Amerika Latin berada di bidang industri. Jerman hanya dikalahkan oleh Amerika Serikat dalam bidang ini. Investasi mereka di Brasil menolong peningkatan sebesar 17% PIB industri Brasil.

Di luar Eropa, Amerika Latin adalah satu-satunya wilayah di dunia ini, di mana perusahaan Jerman memiliki posisi penting dalam sektor industri, khususnya dalam bidang industri mobil, komponen mobil, kimia, farmasi, teknologi generator listrik dan mekanik. Belakangan ini perusahaan-perusahaan Jerman mulai meningkatkan proyek mereka dalam bidang renovasi energi, lingkungan hidup, finansial dan infrastruktur.

Selain itu perusahaan-perusahaan Jerman yang berada di Amerika Latin juga melakukan investasi bagi perusahaan mereka di Amerika Latin. Mereka mengalokasikan begitu banyak dana untuk memodernisasikan dan memperluas perusahaan mereka. Perusahaan baja ThyssenKrupp di Brasil misalnya adalah salah contoh jelas dari perusahaan-perusahaan baja yang terkenal dari Jerman.

Proyek-proyek dalam skala menengah sedang mereka kembangkan juga di Brasil, Chile, Colombia dan Mexico. Investasi perusahaan-perusahaan Jerman di Amerika Latin dan Karibe terus meningkat. Dan itu merupakan indikasi bahwa pasar Amerika Latin memang menarik bagi Jerman.

Sumber: http://america.infobae.com/notas/36072-Alemania-duplico-su-inversion-en-America-Latina

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons