Wednesday 19 October 2011

PERAN POLITIK BRASIL DI AMERIKA LATIN SEMAKIN MENGUAT

Perkembangan ekonomi Amerika Latin menunjukkan perkembangan yang baik. Perkembangan ekonomi tahun ini diperkirakan akan sama seperti tahun lalu. Beberapa negara seperti Argentina dan Peru diharapkan tetap memiliki perkembangan PIB sebesar 8% tahun ini. Secara umu, perkembangan ekonomi yang membaik ini bisa menurunkan utang negara, meningkatkan anggaran mereka dalam bidang pendidikan dan kesehatan, dan banyak negara telah membayar utang mereka di IMF. Tetapi bukan hanya dalam bidang ekonomi. Dalam bidang politik pun negara-negara di Amerika Latin telah meningkatkan level diplomasi mereka, pertemuan antara pemerintahan setiap negara telah meningkat dan semuanya mendukung politik integrasi Amerika Latin seperti dalam UNASUR, MERCOSUR, dan CAN, walaupun mereka harus mencari bentuk atau model yang ideal untuk integrasi tersebut.

Salah satu negara yang paling berkembang di Amerika Latin sekarang ini adalah Brasil. Brasil memiliki 170 juta penduduk, dengan luas 8,5 juta km2, merupakan negara terluas dan terbesar jumlah penduduknya di Amerika Latin. Secara ekonomis Brasil adalah salah satu negara yang perkembangan ekonominya terbesar di Amerika Latin. Berdasarkan rangking PIB di dunia, Brasil merupakan negara di urutan ke 8. Tetapi satu hal yang patut dicatat, Brasil tidak hanya besar dalam hal jumlah PIB, tetapi juga memiliki sumber daya alam yang besar dan sumber daya manusia yang berkualitas. Sektor industri di Brasil sudah berkembang dengan sangat cepat. Misalnya dalam 20 tahun terakhir PETROBRAS berhasil menjadi salah satu perusahaan pertambangan minyak off-shore terkenal di dunia. Demikian juga perusahaan teknologi penerbangan EMBRAER yang berkedudukan di Sao Paulo, telah menjadi salah satu pemimpin dunia dalam perdagangan pesawat ukuran menengah. Dalam sektor pertambangan, pertambangan Vale do Rio Doce yang berpusat di Rio de Janeiro memiliki 115.000 pekerja, dan perdagangan hasil pertambangan ini mencapai lebih dari 18.000 juta dólar Amerika Serikat.

Dalam bidang keuangan, Bank Brasil dan Bank Itau telah berkembang dan menunjukkan partisipasinya dalam dunia internasional, dengan membeli beberapa bank di Amerika Serikat. Bank-bank di Brasil sekarang ini dilihat sebagai tempat pengungsian kapital internasional karena masalah yang mereka hadapi di Eropa dan Amerika, dan kemauan mereka untuk mencari pasar yang baru. Mata uang Brasil, Real, telah memiliki harga yang tinggi karena aliran dana dari luar negeri yang tiba di negara ini. Dan masih ada lagi sumber dana ekstra yang akan mengalir ke Brasil yakni, Piala Dunia 2014, Olimpiade tahun 2016, serta Pertemuan Muda-Mudi Katolik Sedunia tahun 2013. Semua kegiatan ini memberikan keuntungan yang besar bagi Brasil.

Dalam bidang politik internasional di Amerika Latin, Brasil memiliki peran yang penting. Amerika Tengah dan Lautan Karibe sejak abad XIX selalu berada dalam “kekuasaan” Amerika Serikat. Tendensi politik di semua negara Amerika Tengah sampai Panama selalu berada dalam genggaman Amerika Serikat sampai sekarang ini. Sementara di Amerika Selatan, karena masalah krisis internal atau juga karena konflik global, peran Amerika Serikat sudah mulai memudar. Bahkan peran Amerika Serikat di beberapa negara di Amerika Selatan hilang sama sekali. Seperti biasa, ketika pengaruh politik sebuah negara menghilang, seperti Amerika Serikat, secara otomatis pengaruh politik tersebut diambil oleh negara lain. Kepergian Amerika Serikat secara pelan-pelan dari Amerika Selatan dimanfaatkan dengan baik oleh politik luar negeri Brasil. Politik luar negeri Brasil telah membuat pengaruhnya semakin kuat dalam berbagai aksi politik di Amerika Selatan seperti dalam MERCOSUR dan UNASUR.

MERCOSUR adalah organisasi yang berkutat dalam bidang ekonomi. Organisasi ini diikuti oleh Argentina, Brasil, Uruguay dan Paraguay. Organisasi ini memiliki sistem birokrasi organisasi sendiri dengan pajak luar negeri yang disepakati bersama antara mereka. Sementara UNASUR terdiri dari negara-negara yang berada di Amerika Selatan. UNASUR lebih pada payung politik yang lebih luas di mana semua negara yang memiliki tendensi ekonomi dan politik yang berbeda bisa duduk bersama. Bahkan negara-negara yang berbeda dalam pandangan politik atau bertikai karena masalah perbatasan bisa duduk bersama. Kedua organisasi besar yang sangat berbeda ini digunakan oleh Brasil sebagai platform untuk memproyeksikan pengaruh mereka di wilayah ini sekaligus pada saat yang sama menolak semua bentuk intervensi dari negara lain.

Masalah penting lainnya yang dimainkan oleh Brasil adalah sektor keuangan di wilayah ini. Brasil sudah mulai membeli perusahaan-perusahaan yang dinilai memiliki peran strategis dalam bidang ekonomi di beberapa negara. Misalnya bidang energi, sumber daya alam, pertambangan, makanan dan bio-energi. Harga mata uang Real yang meningkat dan dukungan bank BNDES (Bank Pembangunan Nasional Brasil), membuat sektor swasta bisa melakukan perannya yang baik dengan negara untuk memperbesar pengaruh Brasil dalam dunia ekonomi. Sebagai contoh misalnya adalah pembelian pesawat-pesawat buatan EMBRAER oleh penerbangan Argentina AUSTRAL. Supaya transaksi ini terjadi, bank BNDES memberikan kredit kepada perusahaan tersebut, sebuah contoh kerjasama antara pihak negara dan swasta. Peran finansial Brasil ini sudah mulai dirasakan di beberapa negara di Amerika Selatan dan juga beberapa negara berbahasa Portugis di Afrika.

Dalam bidang militerpun Brasil tidak ketinggalan. Secara umum America Latin adalah wilayah di mana PIB mereka memberikan sedikit dana dalam bidang pengembangan sistem pertahanan. Namun, sebaliknya yang terjadi di Brasil. Brasil telah meningkatkan jumlah dana untuk sistem pertahanan militer. Tidak mengherankan apabila negara-negara tetangga Brasil di Amerika Latin yang sebelumnya membeli senjata di berbagai negara di Eropa atau Amerika Serikat, mulai beralih untuk membeli senjata dari Brasil. Sejak beberapa tahun lalu, Brasil telah membuat rencana untuk mengembangkan otonomi senjata dengan melakukan negosiasi transfer teknologi senjata dari negara-negara pembuat senjata. Industri militer yang mereka kembangkan sekarang, sudah merancang proyek besar lainnya yakni kapal selam nuklir untuk melakukan patroli di sepanjang 7000 km garis pantai yang dimiliki Brasil untuk menjaga semua sumber daya alam yang dimilikinya.

Tidak mengherankan apabila sekarang ini Brasil muncul sebagai sebuah kekuatan politik baru di Amerika Latin. Brasil mampu memberikan kekuatan ekonomi, perdagangan, politik dan diplomasi bagi negara-negara lain di wilayah ini. Melemahnya kekuatan internasional seperti IMF dan PBB di Amerika Latin membuat kekuatan Brasil semakin menunjukkan perannya di wilayah ini.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons