Friday, 14 October 2011

PEKAN OLAHRAGA PANAMERICANA XVI DIRESMIKAN HARI INI DI GUADALAJARA MEXICO

Pekan Olahraga Panamericana XVI akan dibuka hari ini di Guadalajara Mexico, di tengah kecemasan masalah keamanan, bangunan olahraga yang selesai pada saat-saat terakhir, sampai dengan masalah badai Jova yang menerpa daerah-daerah tetangga Guadalajara.

Olahraga Panamericana akan diikuti oleh 42 negara, dengan 5.900 atlet dalam 49 cabang pertandingan yang mengambil tempat di Stadion Jalisco Guadalajara. Beberapa kota di sekitar Guadalajara juga akan menjadi tempat pertandingan seperti: Lagos de Moreno, Tlaquepaque, Ciudad Guzman, Zapopan, Ajijic dan Puerto Vallarta.

Pekan olahraga ini akan diresmikan hari Jumat (14 Oktober). Hari Sabtu besok akan dimulai perlombaan terhadap 6.003 olahragawan yang terdaftar dalam semua cabang tersebut. Juga akan diperlombakan 15 cabang perlombaan yang masuk dalam klasifikasi Olimpiade London tahun 2012.

Namun demikian, acara pembukaan Olahraga Panamericana ini mengalami banyak kesulitan karena masalah beberapa gedung olahraga yang empat hari lalu baru selesai dilengkapi.

Delegasi Mexico sendiri terdiri dari 650 atlet yang akan berkompetisi dalam 47 cabang. Brasil dengan 519 atlet, Canada dengan 493 atlet, Cuba dengan 442 atlet dan Venezuela dengan 387. Keenam negara tersebut merupakan negara yang mengirim atlet terbanyak.

Walaupun Mexico hadir tanpa dua atlet juara olimpiadenya, karena tereliminasi dalam proses seleksi, mereka akan ikut Olahraga Panamericana ini dengan tekad untuk menjadi yang terbaik di Benua Amerika.

Maria Espinoza dan Guillermo Perez, yang menjuarai Olimpiade Beijing 2008, tidak bisa tampil dalam cabang Taekwondo. Namun demikian para atlet yang ikut dalam pertandingan di Guadalajara juga memiliki pengalaman internasional dan beberapa orang diantaranya bisa memiliki kemungkinan untuk mendapatkan medali emas di bidang ini.

Peloncat indah Paola Espinosa, yang mendapat perunggu dalam perlombaan dunia kali lalu, akan memimpin para atlet Mexico yang dalam Olahraga Panamerica di Rio de Janeiro menempati urutan kelima. Kali ini Mexico memiliki lebih banyak kesempatan untuk menjuarai turnamen ini.

Dalam bidang olahraga bolakaki, tim bola kaki Mexico berusaha untuk mendapatkan medali emas. Mereka yang terseleksi dalam tim bola kaki Panamericana menyatakan bahwa tujuan mereka dalam bidang ini adalah membuat tim Mexico juara. Pemain bertahan tim sepakbola Mexico, Nestor Araujo, menyatakan bahwa mereka berkonsentrasi untuk mendapat emas di bidang ini. Sementara pemain depan, Jeronimo Amione menyatakan bahwa mereka sudah siap untuk mendapatkan emas dalam bidang ini.

Acara pembukaan yang dilakukan di Stadion Omnilife ini akan dimeriahkan dengan hadirnya artis penyanyi seperti Juanes, Alejandro dan Vicente Fernandez, Maná, Lila Downs serta beberapa artis lainnya. Kurang lebih 11.000 polisi akan mengamankan kegiatan olahraga terbesar di Benua Amerika ini. Mereka akan dilengkapi dengan pesawat tanpa awak dan helikopter.

Masalah keamanan menjadi masalah yang penting karena gelombang kekerasan yang sudah membawa korban lebih dari 44.000 orang meninggal di Mexico, sejak Felipe Calderón melancarkan kampanye melawan para cartel narkoba. Walaupun Guadalajara tidak mengalami gelombang kekerasan seperti kota-kota lainnya, namun daerah ini merupakan daerah yang berada di bawah kekuasaan Cartel Sinaloa, yang dipimpin oleh Joaquin “Chapo” Guzman. Untuk mengamankan stadion olahraga dan beberapa tempat penting lainnya polisi Mexico menggunakan 650 kamera di stadion.

Amerika Serikat, Cuba, Brasil, Mexico dan Canada merupakan negara-negara yang diprediksikan bersaing untuk mendulang emas, seperti yang terjadi dalam pertandingan-pertandingan sebelumnya di Santo Domingo (2003) dan Rio de Janeiro (2007).

Delegasi Cuba mengikutsertakan semua atlet juara olimpiade dan juara dunia; seperti Dayron Robles, juara dunia lari gawang 110 meter, dan Mijaín Lopez, pegulat yang menjadi juara dunia dalam empat kesempatan. Mijaín Lopez akan membawa bendera Cuba dalam acara pembukaan tersebut.

Sumber:

http://www.vivelohoy.com/deportes/8039268/guadalajara-recibe-a-america

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons