Thursday, 13 October 2011

Guatemala: HASIL JAJAK PENDAPAT MENUNJUKKAN PÉREZ MOLINA MENDAPAT DUKUNGAN KUAT MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN PRESIDEN TAHAP KEDUA

Pensiunan Jenderal Otto Pérez Molina adalah salah satu calon fovorit yang akan memenangkan pemilihan umum presiden tahap kedua di Guatemala tanggal 6 November nanti, berdasarkan hasil jajak pendapat yang dilakukan kemarin oleh pers lokal di Guatemala.

Didukung oleh partai beraliran kanan Partai Patriota (PP), Partai Visión con Valores (Viva), Partai Accion de Dessarollo Nacional , Perez Molina mendapat dukungan 55.8% dari responden, berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan oleh “Prodatos” yang dipublikasikan kemarin di oleh pers lokal Prensa Libre.

Hasil jajak pendapat ini merupakan, jajak pendapat yang pertama sebelum menghadapi pemilihan umum tahap kedua, dengan 1.204 responden dan tingkat kepercayaan masyarakat sebesar 95% dengan marjin error sebesar 2.9%, yang dilakukan antara tanggal 4-9 Oktober lalu.

Pensiunan Jenderal tersebut mengatasi calon dari aliran kanan lainnya, Manuel Baldizon, dari Partai Libertad Democrátiva Renovada yang memiliki 44.2%.

Baldizón juga didukung oleh Unidad Nacional de la Esperanza, la Gran Alianza Nacional, la Unión del Cambio Nacional, Partai Winaq (partainya pemenang Nobel de la Paz 1992, Rigoberta Menchú), Partai Avanzada Nacional.

Kedua calon tersebut adalah calon presiden yang memiliki suara terbanyak dari 10 calon presiden dalam pemilihan tahap pertama. Namun keduanya tidak berhasil mendapat suara lebih dari 50%; Perez Molina mencapai 36.09% dan Baldizón mencapai 22.68%. Sehingga pemilihan tahap kedua harus dilakukan.

Berdasarkan hasil jajak pendapat itu juga bahwa 11.4% masyarakat akan memilih untuk tidak memilih kedua calon tersebut.

Kekuatan Perez Molina dalam kampanyenya adalah perhatiannya untuk memerangi kekerasan (kriminal) yang semakin meningkat di Guatemala, sementara Baldizón dalam mempertahankan program sosial yang bisa menolong kaum miskin.

Dalam pemilihan tahap kedua nanti, 7.3 juta orang Guatemala akan memilih presiden Guatemala yang akan dilantik pada tanggal 14 Januari 2012 dengan masa jabatan selama 4 tahun.

Sumber: http://www.diariolasamericas.com/noticia/129185/30/p%C3%A9rez-molina-favorito-para-ganar-presidencia-de-guatemala

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons