Jumat, 07 Oktober 2011

FILM "JALAN KEMATIAN" DARI DISCOVERY EN ESPAÑOL


Discovery en Español mengadakan Mes de la Hispanidad (Bulan Spanyol) dan kegiatan ini diakhiri dengan dibuatnya sebuah film tentang potret kaum imigran yang masuk ke Amerika Serikat dengan judul: “La Ruta de la Muerte” (Jalan Kematian). Jalan-jalan yang dilakukan oleh para imigran melalui Mexico untuk ke Amerika Serikat disadari sebagai sebuah rute yang paling berbahaya di dunia, penuh dengan aksi kekerasan dan resiko kematian. Dalam film tersebut, Discovery en Español menemani sebuah kelompok imigran selama perjalanan mereka melalui Mexico untuk menunjukkan kepada publik realita yang belum dikenal banyak orang. Film ini akan ditayangkan pada tanggal 16 Oktober nanti jam 9 PM di Discovery en Español.

Film ini dibuat berdasarkan kejadian yang terjadi di bulan Agustus 2010, di mana 72 imigran ditahan dan dibunuh di sebuah rancho (peternakan) di negara bagian Tamaulipas, utara Mexico. Penemuan ini menunjukkan sulitnya atau kejamnya situasi yang dihadapi oleh orang-orang yang ingin ke Amerika Serikat melalui Mexico. Mereka yang selamat dari pembantaian tersebut menuturkan pengalaman mereka yang kemudian dijadikan dasar pembuatan film “La Ruta de la Muerte”.

Film ini menggambarkan perjalanan sekelompok imigran ke Amerika Serikat melalui Mexico. Dalam kelompok itu terdapat seorang imigran dari Guatemala yang bernama Marco. Bagi Marco ini adalah percobaan ketiga untuk masuk ke Amerika Serikat. Dialah yang menjadi saksi mata peristiwa pembantaian tersebut. Demikian juga dengan Ismael, seorang pemudar dari Honduras. Pemuda ini menyaksikan bagaimana saudarinya disandera dihadapan matanya sendiri.

Dalam film ini juga ditunjukkan kegiata yang dilakukan oleh Angkatan Laut Mexico di daerah ini kemudian análisis dan opini yang dibuat oleh Pastor Alejandro Solalinde, yang tinggal di Arriaga, negara bagian Oaxaca. Juga ada pandangan dari Salvador Berltrán, anggota komisi dari Institut Nacional de Migración; Fernando Batista, wakil dari komisi HAM; Felipe Gonzalez, dari Komisi HAM Interamericana. Film ini merupakan produksi Discovery en Español yang berada dibawa tanggung jawab Michela Giorelli dan Irune Ariztoy. Dibuat oleh Pacha Films dibawa direksi Guillermo Galdos dan Luis del Valle.

Sumber:
www.discoveryenespanol.com
http://www.hispania-news.com/articlepage.cfm?articleID=1091

0 comments:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons