Friday, 14 October 2011

FESTIVAL FILM LINGKUNGAN HIDUP INTERNASIONAL AMERIKA LATIN DAN KARIBE

Festival Film Lingkungan Hidup Internasional Amerika Latin dan Karibe (FICMA) akan dilakukan di Museum Seni Nasional Mexico pada tanggal 21-30 Oktober nanti. Festival ini bertujuan untuk mengajar dan memotivasi para penonton supaya bertanggungjawab dan menjaga lingkungan hidup sehingga ekologi dunia tetap terjaga.

Film-film panjang dan pendek yang akan ditayangkan memiliki tujuan akhir untuk mendidik dan memperdalam penghargaan terhadap nilai pentingnya perlindungan terhadap lingkungan hidup seperti yang ditayangkan dalam film-film tersebut.

Program ini didukung oleh Alejandro Hulsz, Direktur Pelatihan untuk pembangunan yang berkelanjutan (CECADES), Santiago Lorenzo, Dirjen Persetujuan Multilateral; keduanya berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (Semarnat) Mexico. Mereka akan didampingi oleh Dolores Barrientos, wakil dari Program PBB untuk Lingkungan Hidup di Mexico (PNUMA).

Dalam festival ini akan ditayangkan 11 film panjang dan 9 film pendek yang sudah ditayangkan juga di beberapa kota seperti Aguascalientes, Mérida, Tampico dan Campeche.

Panitia mengatakan bahwa mereka mengalami kesulitan; karena mereka mencoba untuk membawa film-film tersebut ke sekolah-sekolah, tetapi rencana mereka gagal karena jadwal sekolah para murid yang ketat.

Karena itu mereka mengambil tempat Museum Seni Nasional yang akan dibuka dari jam 12.00 sampai 16.00 sore. Setelah menonton film akan diadakan debat dengan para penonton dan juga penjelasan untuk mengetahui tentang isi film berikutnya yang akan ditayangkan.

FICMA merupakan festival film lingkungan hidup tertua di dunia dalam bidang ini. Didirikan di Barcelona Spanyol tahun 1993, yang kemudian dirayakan setiap tahun, dan akhirnya tiba di Mexico untuk pertama kalinya tahun ini. Festival ini juga akan dilakukan di berbagai negara di Amerika Latin tahun ini.

FICMA adalah salah satu festival yang tertua dalam bidang ini, tetapi jaringan yang lebih penting dalam bidang ini adalah EFFN (Environmental Film Festival Nertwork), yang melakukan festival di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Argentina, Peru, Spanyol, Portugal, Ghana, Israel, Prancis dan Mexico.

Namun FICMA dan EFFN menjalin jaringan kerjasama dan solidaritas mereka pada setiap even, sehingga kegiatan festival mereka paling digemari oleh banyak kalangan perfilman di dunia.

Film-film yang akan ditayangkan berasal dari Prancis, Amerika Serikat, Australia dll.

Sumber: CONACULTA

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons