Tuesday, 4 October 2011

Cuba: KASUS PENAHANAN POLITIK DI CUBA SEMAKIN MENINGKAT


Komisi HAM dan Rekonsiliasi Nasional Cuba menyatakan bahwa selama bulan September lalu terjadi penahanan atas 563 orang karena alasan politik di Cuba. Angka ini merupakan angka tertinggi dalam 30 tahun terakhir. Rata-rata penahanan yang dilakukan oleh pemerintahan Cuba berada di atas rata-rata 278 orang setiap bulannya dalam 8 bulan terakhir.

Dalam sebuah tabel tentang kasus penahanan yang didokumenkan oleh komisi tersebut: bulan Januari ada 268 kasus penahanan, Februari ada 390 penahanan, Maret ada 264 penahanan, April ada 244 penahanan, Mei ada 349 penahanan, Juni ada 212 penahanan, Juli ada 251 penahanan, Agustus 243 penahanan dan September ada 563 penahanan.

Komisi ini mengindikasikan bahwa jumlah penahanan karena motif politik telah meningkat dengan tajam. Proses pengadilan atas mereka yang ditahan secara politik semakin meningkat. Dari 80 kasus yang dibawa ke pengadilan sekarang ini karena masalah politik: 17 orang dibebaskan sedangkan 63 orang lainnya dimasukkan ke dalam penjara. Mereka juga berpendapat sebenarnya masih ada banyak kasus penahanan yang masih belum bisa diverifikasi.

Menurut Komisi ini, meningkatnya penangkapan yang dilakukan pemerintah menunjukkan rendahnya kehendak politik dari pihak pemerintah untuk memperbaiki hak-hak masyarakat sipil, hak berpolitik, hak ekonomi dan kebudayaan yang dituntut oleh sebagian besar masyarakat Cuba.

Menurut pemimpin komisi ini, Elizardo Sánchez, pemerintahan Raúl Castro terus menunjukkan kurangnya kehendak politik dalam melakukan reformasi, melakukan begitu banyak perjanjian tetapi tidak pernah direalisasikan. Bahkan mereka sedang mempermainkan kehendak baik dunia internasional yang sedang mendukung perubahan yang terjadi di Cuba, tetapi dalam kenyataannya tidak pernah diwujudkan.

http://www.diariolasamericas.com/noticia/128788/31/aumentan-las-detenciones-en-cuba

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons