Thursday, 6 October 2011

Argentina: DISKRIMINASI TERHADAP MASYARAKAT YAHUDI DI ARGENTINA CUKUP TINGGI


Sebagian besar orang Yahudi di Amerika Latin berada di Argentina. Sebuah studi (jajak pendapat) yang dilakukan oleh Universitas Buenos Aires bersama Delegasi Asosiasi Israel-Argentina (DAIA) dan Anti Defamation League Amerika Serikat menunjukkan bahwa 30% masyarakat Argentina tidak akan memilih tinggal di daerah di mana orang Yahudi merupakan mayoritas. Sementara 45% masyarakat memilih untuk tidak menikah dengan orang yang memiliki keturunan Yahudi. Juga dinyatakan bahwa 54% masyarakat Argentina menyakini bahwa orang Yahudi adalah orang yang paling belakang/terakhir mengulurkan tangan untuk menolong orang yang membutuhkan.

Jajak pendapat yang dilakukan atas 1.500 orang, dengan skala umur 18-65 tahun di Buenos Aires dan 7 kota lainnya, menunjukkan bahwa 39% masyarakat Argentina menyakini bahwa keterlibatan orang Yahudi dalam politik berakibat negatif dan 84% masyarakat mengakui bahwa orang Yahudi rajin bekerja. Sementara 82% masyarakat menyatakan bahwa hal yang paling penting bagi orang Yahudi adalah bisnis dan mendapatkan uang; dan 65% masyarakat menyatakan bahwa orang Yahudi memiliki kekuatan dalam pasar finansial dunia.

Dalam hal patriotisme, 49% masyarakat Argentina menyakini bahwa keturunan Yahudi di Argentina lebih setia kepada Israel daripada Argentina, dan mereka juga menyakini bahwa orang Yahudi terlalu membesar-besarkan pembantaian (Holocausto) yang mereka alami zaman Hitler. Masyarakat Argentina menyakini bahwa orang Yahudi memiliki budaya dan tradisi yang sangat erat dengan budaya Yahudi sehingga mereka agak terisolasi dari kebudayaan lain. Di samping itu 51% masyarakat Argentina menyadari bahwa orang Yahudi mengalami diskriminasi di Argentina.

Aldo Donzis, direktur DAIA menyatakan bahwa hasil jajak pendapat ini patut diperhitungkan. Sikap “yahudifobia” masyarakat Argentina tidak mengherankannya, karena persepsi antisemit sudah ada dari dulu dan sudah dilawan sejak lama. Sementara Wakil Direktur DAIA, Angel Schindel, menyatakan bahwa Argentina merupakan salah satu negara antisemit terbesar di Amerika Latin. Kurang lebih sebanyak 300.000 orang Yahudi tinggal di Argentina.


http://www.diariolasamericas.com/noticia/128862/32/encuesta-revela-altos-%C3%ADndices-de-discriminaci%C3%B3n-a-jud%C3%ADos-en-argentina

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons