Friday 23 September 2011

Venezuela: PRESIDEN CHAVEZ MENILAI PIDATO BARACK OBAMA DI PBB PENUH DENGAN NADA SINIS


Presiden Venezuela, Hugo Chavez, yang hari Kamis kemarin kembali dari Cuba setelah selesai dengan sesi keempat dari kemoterapi atas penyakit kanker yang dideritanya, menyatakan bahwa pidato Barack Obama penuh dengan “sinis” dalam Sidang Umum PBB yang ke 66. “Dia mendukung perdamaian? Obama mendukung perdamaian? Nilai moral apa yang dia pegang? Pidato Obama penuh dengan nada sinis”, jelas Chavez.

Selama kehadirannya di PBB, Presiden Barack Obama menyatakan bahwa “perdamaian tidak dapat dicapai melalui resolusi dari PBB”, dia merujuk ke masalah keputusan Otonomi Palestina yang meminta supaya menjadi anggota resmi PBB, dengan tujuan supaya kemerdekaannya diakui oleh semua negara. Sebelumnya Washington sudah memberikan sinyal bahwa dia akan menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan, bila pemimpin Palestina membawa proyek mereka di PBB.

Dia juga menyebutkan bahwa adalah keputusan PBB, yang didukung secara penuh oleh Amerika Serikat, maka dilakukan penyerangan atas Libia, yang direalisasikan oleh koalisi militer internasional dan kemudian dilanjutkan oleh NATO. Tujuan utama resolusi tersebut adalah mempertahankan masyarakat sipil, walaupun ribuan masyarakat sipil menjadi korban dari serangan tersebut.

Selain mengeritik pidato Obama, Presiden Chavez menyatakan dukungannya kepada para presiden di Amerika Latin yang mendukung inisiatif Otonomi Palestina di PBB. “Satu dari tugas yang harus kita mainkan hari ini, dari Venezuela, dari Aliansi Bolivariana adalah menghentikan kegilaan yang mengancam dunia, yang mengancam untuk membumihanguskan planet ini”, kata Chavez.

Sumber http://actualidad.rt.com/actualidad/america_latina/issue_30031.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons