Tuesday 27 September 2011

Venezuela: CHAVEZ MENYATAKAN BAHWA DIRINYA AKAN SEGERA PULIH DARI PENYAKIT KANKER YANG DIDERANYA


Presiden Venezuela, Hugo Chavez, menyatakan bahwa dirinya sedang pulih dari dampak kemoterapi terakhir atas penyakit kanker yang dimilikinya, walaupun dia juga mengakui bahwa kekuatan fisiknya sedikit menurun.

“Saya sedang dalam proses pemulihan dari empat tahap kemoterapi yang saya jalankan, dan kemoterapi ini sangat kuat”, katanya melalui telefon kepada TV nasional, setelah mengumumkan penundaan kunjungan Presiden Iran, Mahmud Ahmadineyad, yang seharusnya mengunjungi Caracas kemarin, tetapi ditunda setelah Presiden Chavez sembuh. Chavez menyatakan bahwa “semua gejala penting menunjukkan hasil yang baik, terus dalam pemulihan yang baik” dan “sangat beruntung bahwa kemoterapi ini tidak mengganggu organ-organ vital kehidupan saya”. “Tidak satupun organ yang rusak, karena kadang-kadang pengobatan kemoterapi memiliki dampak yang merusak, tetapi dalam kasus saya, beruntung sekali saya tidak mendapat masalah itu”, kata Chavez yang hari Kamis lalu kembali dari Cuba setelah melewati masa kemoterapi ke empat di Cuba.

Namun demikian, Chavez menyadari bahwa dirinya “harus berhati-hati di masa-masa yang akan datang”, khususnya “dalam hal ketahanan tubuhnya”. “Kekuatan fisik saya sudah tidak sama seperti sebelumnya, sedikit menurun, terutama karena sel darah merah yang sedikit mengalami dampak kemoterapi, walaupun sekarang sudah mulai pulih”, aku Chavéz. Chavez ingat bahwa minggu lalu, sebelum mengikuti kemoterapi di La Habana, dia mengalami “sedikit infeksi di tenggorokan”, yang membuatnya sedikit flu, namun dapat diatasinya dengan cepat.

“Saya sedang memanfaatkan masa-masa pemulihan saya, untuk belajar lebih banyak, untuk istirahat sedikit, untuk mempersiapkan diri saya lebih baik lagi dalam kampanye yang akan datang, yang sudah pasti ketat dan keras, tetapi kita pasti menang”, kata Chavez yang akan mencalonkan dirinya sebagai calon presiden dalam pemilihan umum tahun 2012.

Dalam hal ini, Chavez melakukan sebuah ajakan kepada seluruh masyarakat Venezuela supaya “jangan ditipu oleh kata-kata indah, wajah-wajah baru, nama-nama segar dan baru atau rencana-rencana baru dari laboratorium”, yang dimaksudkannya adalah para wakil dari partai oposisi.

“Janji dan keinginan saya adalah untuk hidup bersama saudara sekalin, dan bukan untuk saya; apa yang sudah saya lakukan adalah membangun saudara sekalian. Saya memiliki beberapa keinginan besar, keinginan untuk terus hidup dan menggunakan setiap hari hidup saya lebih berguna”, kata Presiden Chavez yang berjanji untuk segera berada di jalan-jalan di Venezuela.

Chavez yang dioperasi karena tumor pada tanggal 20 Juni lalu di La Habana, telah mengatakan dalam beberapa kesempatan bahwa tidak ada sel kanker dalam tubuhnya, dan saat pulang dari Cuba dia meminta supaya jangan mengikuti begitu banyak rumor tentang kesehatan dirinya.

Presiden Chavez tidak hadir dalam Sidang Umum PBB karena masalah kesehatan, alasan yang sama mengapa Ahmadineyad menunda kunjungannya ke Caracas, seperti yang diumumkan oleh Menlu Venezuela, Nicolás Maduro.

http://www.diariolasamericas.com/noticia/128397/32/ch%C3%A1vez-dice-que-se-recupera-favorablemente-de-oimpactos-de-la-quimioterapia

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons