Wednesday 28 September 2011

Mexico: SEKOLAH-SEKOLAH DI ACAPULCO MULAI KOSONG


Para guru di Acapulco, Mexico, sudah hampir tidak bekerja selama sebulan karena ancaman-ancaman dari kelompok geng yang terus menuntut supaya sebagian dari gaji para guru diberikan kepada mereka. Melalui pesan sms, pamflet yang ditempel di pintu sekolah atau melalui orang-orang tidak dikenal para guru menerima informasi bahwa “sejak tanggal 1 Oktober nanti sebagian gaji duru harus diserahkan kepada mereka”.

Di sebuah Sekolah Dasar di daerah Pie de la Cuesta, mereka menerima kunjungan seorang “komandan” yang dari kelas ke kelas, disaksikan oleh para murid, melakukan aksi perampasan kepada para guru.

Para guru yang sedang berdemo sejak satu bulan lalu, meminta kepada pemerintah negara bagian Guerrero untuk menjamin kehidupan mereka supaya tidak menjadi korban para pengacau yang meminta sebagian gaji mereka atau mereka akan diculik.

Situasi di Acapulco atau di wilayah Guerrero pada umumnya setiap hari semakin mencekam. Para pengamat menyatakan bahwa perang antara dua kelompok kriminal (geng), tidak hanya menciptakan kekerasan antara kelompok atau “mantan anggota kelompok”, melainkan juga menciptakan situasi baru, yakni mencari pemasukan bagi kelompok kriminal tersebut dari masyarakat yang tinggal di sana. Penculikan dan gangguan yang terjadi di Acapulco selalu diimingi dengan permintaan bayaran duit dari masyarakat yang tidak bermasalah atau tidak memiliki hubungan dengan kelompok gang kriminal.

Sekarang para pengacau atau kelompok kriminal tersebut mengancam jika para guru tidak kembali ke kelas, maka mereka akan menyandera 10 guru setiap harinya. Dan ini membuat para guru gusar dan takut sehingga banyak yang tidak bekerja. Tidak hanya itu akhirnya orang tua murid harus turun tangan, karena para guru meminta orang tua murid untuk membayar 180 peso (10 Euro) per keluarga. Uang tersebut akan mereka serahkan kepada para kriminal, supaya mereka tidak diculik.

Sumber: http://actualidad.rt.com/actualidad/america_latina/issue_30262.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons