Wednesday 28 September 2011

Mexico: KELOMPOK "MATA ZETAS": PELINDUNG MASYARAKAT ATAU PEMBUNUH MASYARAKAT?


Kekerasan di Mexico sepertinya memasuki tahap baru. Kemarin pemerintah Mexico menemukan sebuah video di internet yang menamakan diri mereka kelompok “Los Mata Zetas”. Video yang berdurasi selama lima menit tersebut berjudul “Mata Zetas Informando 2011” (Mata Zetas menginformasikan tahun 2011). Video ini menggambarkan sekelompok orang bersenjata bersenjata lengkap dengan penutup wajah dan berpakaian hitam. Mereka menyatakan diri mereka sebagai “penanggungjawab” atas kematian 35 orang yang mayatnya ditaruh di jalan raya di Boca de Rio.

Mereka memproklamirkan diri mereka sebagai “tangan kanan bersenjata dari masyarakat dan untuk masyarakat” dan menunjukkan bahwa mereka akan melakukan pertahanan diri dengan cara kekerasan untuk melawan para bandit kartel yang selalu menyerang “orang-orang yang tidak dilindungi”.

“Tujuan unik kami kami adalah kelompok kartel Los Zetas. Kami menghormati Kekuatan Angkatan Bersenjata yang kami mengerti bahwa mereka tidak bisa bertindak di luar hukum seperti yang kami lakukan. Sebagai prinsip etis, kami memiliki larangan untuk mengancam, menculik, mencuri, menghina dan semua perbuatan yang dengan caranya sendiri merusak patrimoni nasional, keluarga, semangat dan moral”, kata kelompok ini.

Video ini masih diselidiki oleh pemerintah Mexico, karena menimbulkan polemik bagi masyarakat. Masyarakat bertanya-tanya apakah kelompok ini benar-benar kelompok yang melindungi masyarakat atau kelompok yang “membunuh” masyarakat.
Sumber: http://actualidad.rt.com/actualidad/america_latina/issue_30247.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons