Tuesday 6 September 2011

Colombia: JARINGAN NARKOTRAFIK COLOMBIA MENGGUNAKAN 25 PESAWAT LEGAL DARI AMERIKA SERIKAT DAN AMERIKA TENGAH


Jaringan narkotrafik Colombia “El Loco Barrera” (Si Gila Barrera) mampu membeli 25 pesawat secara legal dari Amerika Serikat dan Amerika Tengah melalui kurang lebih 12 perusahaan terselubung, yang kemudian digunakan untuk membawa narkoba. Sebuah operasi bersama dari angkatan bersenjata Colombia, Venezuela dan Amerika Serikat telah mengakhiri semua penerbangan dari pesawat-pesawat ini.

Pada akhir operasi bersama ini mereka menemukan tidak hanya pesawat melainkan juga 10 lapangan terbang terselubung, dua di antaranya berada di Venezuela. Semuanya membentuk sebuah jaringan yang sulit untuk dilacak untuk membawa narkoba. Diketahui juga bahwa pegawai kontrol penerbangan terlibat dalam narkotrafik ini.

Biasanya pesawat ini terbang dari lapangan terbang resmi, kemudian mendarat di lapangan terbang terselubung untuk diisi dengan narkoba dan barang ilegal lainnya, lalu kemudian terbang menuju lapangan terbang tujuan yang resmi. Pengontrol penerbangan hanya menyebutkan penerbangan pertama dan tidak memberitahukan bahwa pesawat tersebut mendarat di lapangan terbang terselubung sebelum menuju ke lapangan terbang resmi yang menjadi tujuannya.

Narkoba hasil penyelundupan ini kemudian didistribusikan oleh kartel “Chapo Guzmán” dan Ismael Mario Zambada García yang lebih dikenal sebagai “Mayo”. Operasi angkatan bersenjata untuk menumpasi jaringan ini berhasil menangkap 36 orang yang terlibat dalam jaringan narkoba.

Harus disadari pula bahwa narkotrafik Colombia tidak hanya menggunakan pesawat terbang yang mereka beli, melainkan juga mereka memproduksi pesawat terbang mereka sendiri dalam sebuah pabrik terselubung, seperti yang ditemukan baru-baru ini di Colombia.

Sumber http://actualidad.rt.com/actualidad/america_latina/issue_29293.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons