Friday 23 September 2011

Bolivia: MANTAN PRESIDEN BOLIVIA DITUDUH TERLIBAT DALAM MENDUKUNG DEMONSTRASI KAUM INDIGENAS


Pemerintah Bolivia menyatakan bahwa mantan presiden Bolivia Gonzalo Sánchez de Lozada terlibat dalam mendukung demonstrasi kaum indigenas di Amerika Serikat, yang memprotes sebuah proyek pemerintah yang akan melewati dua taman nasional, yang menurut para aktivis bisa merusak lingkungan hidup.

Mantan presiden yang sudah lama berada di Amerika Serikat tersebut, melarikan diri dari pengadilan di Bolivia sejak tahun 2003, yang dituduh menjadi penanggunjawab utama atas sebuah aksi militer dalam sebuah demonstrasi, yang memakan korban 68 orang meninggal dan lebih dari 400 orang terluka.

Seorang Menteri dari Pemerintahan Bolivia, Sacha Llorenti, menyatakan bahwa setelah pulang dari New York, di mana dia hadir dalam sesi Sidang Umum PBB, dia akan memberikan penjelasan yang lebih mendetail tentang bagaimana keterlibatan mantan presiden tersebut, yang dikategorikannya sebagai “sebuah percobaan untuk membuat proses perubahan di Bolivia tidak stabil”.

Sebelumnya La Paz menuduh semua LSM yang mendukung demonstrasi kaum indígenas, dengan tuduhan akan membentuk sebuah partai politik untuk berhadapan dengan Presiden Evo Morales. Menurut pemerintah Bolivia, mereka ini memiliki jaringan dengan Washington.

Sementara di pihak lain, kepala staf redaksi harian “La Razón” Bolivia, Patricia Cusicanqui, menunjukkan bahwa ada interés politik dibelakang mobilisasi kaum indígenas. Dia menyakini bahwa “ tuntutan yang mereka tuduhkan kepada kaum indígenas adalah peristiwa di mana saat berhadapan dengan Komisi Internasional HAM, yang dilakukan di Washington, dalam sebuah jamuan makan munculnya mantan Duta Besar dan Mantan Menteri Luar Negeri saat pemerintahan Sánchez de Lozada yakni Jaime Aparicio. Kejadian inilah yang digunakan oleh pemerintahan Evo Morales sebagai bukti keterlibatannya dalam demonstrasi ini.

Sumber: http://actualidad.rt.com/actualidad/america_latina/issue_30027.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons