Friday, 5 August 2011

RAPAT LUAR BIASA PARA MENTERI EKONOMI DAN KEUANGAN UNASUR DI LIMA


Para Menteri Ekonomi dan Keuangan UNASUR (Amerika Latin) melakukan pertemuan di Lima (Peru) tanggal 4 dan 5 Agustus (kemarin dan hari ini). Pertemuan ini akan membahas cara-cara apa yang harus dilakukan di tingkat regional (Amerika Latin) terhadap krisis finansial yang dihadapi oleh Amerika Serikat.

Krisis bursa efek yang jatuh satu per satu di negara-negara Amerika Latin, membuat mereka harus mengambil langkah penting untuk mengatasi ini. Semuanya bermula saat bursa Amerika Serikat mengalami penurunan yang paling drastis hari Kamis kemarin, sejak krisis finansial tahun 2008, yang bermula dari ketidakpastian atas situasi utang negara Amerika Serikat. Bursa-bursa di Asia juga mengalami penurunan yang drastis.

Pertanyaan yang menjadi kecemasan para ahli ekonomi adalah, apakah krisis ini akan menyebabkan krisis global atau tidak. Menteri Luar Negeri Uruguay, Luis Almagro, menyatakan bahwa tujuan utama pertemuan luar biasa UNASUR di Lima adalah “mencari kemungkinan-kemungkinan yang bisa diimplementasikan di tingkat regional, untuk menghadapi krisis ekonomi dan keuangan yang bisa saja menjadi krisis global karena situasi keuangan Amerika Serikat. Juga akan dibahas tentang bagaimana situasi ekonomi dan keuangan Amerika Serikat bisa mempengaruhi tingkat produktivitas dan ekspor negara-negara kita”.

Berhadapan dengan pertemuan di Lima ini, ahli ekonomi Peru, Jose Luis PatiƱo menyatakan bahwa “ketakutan besar yang dimiliki Amerika Latin adalah masalah harga komoditas aktual, seperti mineral (pertambangan) dan makanan, yang sudah memiliki tendensi akan menurun . Dampak pertama yang bisa terjada adalah jatuhnya harga-harga komoditas dan ini akan berdampak pada bidang keuangan dalam perekonomian Amerika Latin. Karena itu rencana keuangan harus lebih hati-hati. Misalnya program sosial akan mengalami pengurangan dana. Brasil akan mengalami dampak yang besar dalam masalah ini dengan Amerika Serikat, kemudian akan diikuti oleh Argentina dan Colombia”.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons