Tuesday, 16 August 2011

Peru: PEMIMPIN "PEMBANTAI ORANG ANDES" MULAI DIADILI


Telmo Hurtado, mantan anggota militer Peru, yang lebih dikenal sebagai “pembantai orang Andes”, menolak tuduhan jaksa atas keterlibatan dirinya dalam pembunuhan di Accomarca. Pembantaian itu terjadi bulan Agustus 1985 yang memakan korban sebanyak 69 petani. Dalam pengadilan pertama tersebut, yang berlangsung selama setengah jam, Hurtado menyatakan bahwa apa yang dilaporkan tidak sesuai dengan tugas yang diberikan kepadanya.

Hurtado mengelak untuk menyatakan jika bersalah atau tidak atas kejadian yang melibatkan dirinya tersebut. Dia juga menolak tuduhan pembunuhan dan hukuman 25 tahun penjara yang diberikan kepadanya oleh jaksa penuntut.

Pembantaian Accomarca terjadi di wilayah Ayacucho, pada tanggal 14 Agustus 1985, sesaat setelah Alan Garcia (Mantan Presiden Peru) bertahta. Pembantaian itu terjadi di tengah konflik Angkatan Bersenjata dengan gerilyawan komunis Sendero Luminoso. Dari 69 korban dalam sebuah patroli militer, 30 orang diantaranya adalah anak kecil dan 27 orang lagi adalah perempuan.

Dalam sebuah pengadilan militer, 29 anggota militer yang terlibat dalam pembantaian itu sudah mendapat hukuman. Seorang diantaranya adalah Hurtado (penjagal orang Andes), karena menyalahgunakan kekuasaan yang dimilikinya, tetapi dia tidak ikut secara langsung dalam pembunuhan tersebut. Kasus ini baru bisa dibuka 25 tahun kemudian.

Sumber: http://actualidad.rt.com/actualidad/america_latina/issue_28385.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons