Monday 15 August 2011

Panama: HUT TERUSAN PANAMA KE 97


Terusan Panama merayakan HUT-nya yang ke-97 hari ini. Sejak dikontrol oleh pemerintahan Panama dari tanggal 31 Desember 1999 sampai sekarang, Terusan Panama telah memberikan keuntungan kepada negara sebesar US$ 8.200 juta. Dalam perayaan ulang tahunnya kali ini, Terusan Panama akan diperluas dan dilengkapi dengan fasilitas yang lebih modern. Antara lain akses untuk transportasi internasional akan diperbesar dan ini akan membuka kesempatan kerja bagi orang Panama

Sebelumnya Terusan Panama ini dikelola oleh Amerika Serikat. Sejak tanggal 15 Agustus 1914, terusan ini telah memberikan pelayanan kepada lebih dari sejuta kapal yang lewat di sini. Selama 85 tahun berada dalam administrasi Amerika Serikat, negara Panama hanya menerima keuntungan sebesar US$ 1.877 juta. Bulan Oktober 2011 sampai September 2012, terusan ini akan mendapat bantuan sebesar US$ 2.398 juta dari pemerintahan Panama.

Dalam hal pelebaran Terusan, akan dilengkapi dengan alat modern supaya kapasitas kapal yang lewat bisa bertambah dan cepat. Sekarang ini, terusan ini mampu mengoperasikan lebih dari 300 juta ton pertahun. Untuk meningkatkan kapasitas ini pemerintah Panama telah menginvestasikan 5.250 juta dólar dalam proyek yang akan berakhir bulan Agustus 2014.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons