Tuesday, 16 August 2011

Mexico: TUNTUTAN PERDAMAIAN DARI PARA KORBAN KEKERASAN DI MEXICO


Pergerakan Perdamaian Karena Keadilan dan Martabat (MPJD: Movimiento por la Paz con Justicia y Dignidad) yang dikepalai oleh penyair Javier Sicilia, meminta kepada presiden Mexico, Felipe Calderón, dan kepada Senat sebuah rencana untuk perdamaian dan menghilangkan inisiatif Hukum Keamanan Nasional (LSN : Ley de Seguridad Nacional) yang sedang dibahas di Kongres.

Kurang lebih 3000 aktivis dan simpatisan turun ke jalan-jalan di ibukota Mexico hari Minggu lalu, dalam sebuah demonstrasi “diam” untuk mengekspresikan penolakan mereka atas kehadiran militer yang berlebihan di kota-kota di Meksiko, yang bertujuan untuk memerangi semua organisasi kejahatan.

Demonstrasi ini diarahkan kepada semua masyarakat. Ketua pergerakan ini membuat pidato yang isinya supaya membangun perdamaian, dan menyatakan bahwa pada tanggal 17 Agustus akan mengadakan dialog dengan anggota Kongres tentang Hukum Keamanan Nasional. Lebih lagi, dia meminta supaya Gedung Putih mengontrol masuknya senjata dari Amerika Serikat ke Mexico.

“Adalah sangat penting adanya peraturan tentang senjata, terutama senjata rampasan, karena senjata-senjata itulah yang masuk ke negara kita, yang jumlahnya kurang lebih 2.000 senjata setiap harinya. Karena itu bagi saya penting untuk mengatur penjualan senjata”, kata Sicilia diakhir demonstrasi diam tersebut.

Penyair Mexico ini didengar oleh banyak orang, karena anaknya sendiri, Juan Francisco, menjadi salah satu korban kekerasan, yang dibunuh akhir Maret lalu oleh sebuah gang pembunuh bayaran. Sekarang ini MPJD mengharapkan supaya Mexico membuat sebuah hukum yang menolong para korban kekerasan, yang berjumlah sebanyak 50.000 orang sejak Desember 2006, berdasarkan laporan yang mereka sendiri miliki.
Sumber: http://actualidad.rt.com/actualidad/america_latina/issue_28330.html

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons