Wednesday, 17 August 2011

Honduras: HUKUM PENDIDIKAN NASIONAL DAN DEMONSTRASI MAHASISWA HONDURAS


Dialog nasional, yang dilakukan pemerintah Honduras untuk membicarakan kembali Hukum Pendidikan yang baru, diikuti oleh berbagai elemen penting pemerintah dan masyarakat. Sementara para mahasiswa dari sekolah-sekolah umum melakukan protes di jalan-jalan, melawan kemauan pemerintah untuk memprivatisasikan pendidikan.

Dialog ini dilakukan di pusat pemerintahan Honduras yang diketuai oleh Wakil Presiden Honduras, Maria Antonieta Guillén. Wapres Honduras ini menyatakan bahwa agenda pembicaraan adalah terbuka, setiap elemen memberikan pendapat mereka. Dalam rapat itu hadir juga Ketua dan Wakil Ketua Parlemen, Juan Orlando Fernandez dan Lena Gutierrez. Tujuan pertemuan pertama ini adalah melakukan dialog nasional. Kurang lebih 80 perkumpulan sosial hadir dalam dialog tersebut. Dialog ini akan diteruskan pada hari Selasa depan.

Sementara itu para mahasiswa menyatakan bahwa, mereka menolak tekanan yang dilakukan pemerintah atas pendidikan. Mereka inilah yang terus melakukan demonstrasi di jalan-jalan untuk melawan rencana pemerintah. Media lokal menyatakan bahwa kelompok anak-anak sekolah inilah yang melakukan sabotase lalulintas bagi kendaraan-kendaraan di jalan-jalan besar ibukota Honduras. Diantara para mahasiswa yang melakukan protes tersebut, mereka menyatakan bahwa mereka berasal dari kelompok pergerakan “yang mendukung” mantan Presiden Honduras, Manuel Zelaya, yang diturunkan pada tanggal 28 Juni 2009 dalam sebuah konsultasi umum untuk membaharui konstitusi, yang secara hukum dilarang.

Presiden Honduras, Porfirio Lobo, meminta supaya hari Minggu diadakan dialog nasional untuk mulai mendiskusikan sebuah hukum pendidikan yang baru “mulai dari nol”. Permintaan dialog ini diharapkan supaya inisiatif yang dalam beberapa bulan ini dilakukan di parlemen, tidak akan dibicarakan, yang ditolak mentah-mentah oleh sebagian siswa dan guru.

Sementara Wakil Presiden, Guillen, dan pihak parlemen mengatakan bahwa belum pasti pemerintah berusaha untuk memprivatisasikan pendidikan umum. Malahan mereka merencanakan bahwa pendidikan umum akan digratiskan kepada masyarakat. Dalam pertemuan hari Senin lalu, hadir berbagai organisasi dari orangtua murid dan perwakilannya, pihak Gereja, perusahaan swasta, kelompok etnis, LSM yang bekerja dalam bidang pendidikan, wakil rakyat, menteri kabinet dan media komunikasi.

Sumber : http://www.diariolasamericas.com/noticia/126367/30/en-medio-de-protestas-inician-diálogo-para-nueva-ley-educativa-en-honduras

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons