Friday, 12 August 2011

Guatemala: SEBAGIAN BESAR MASYARAKAT GUATEMALA BELUM TAHU SIAPA YANG AKAN MEREKA PILIH DALAM PEMILIHAN UMUM 11 SEPTEMBER NANTI


Satu bulan sebelum pemilihan umun, tanggal 11 September nanti, masyarakat Guatemala masih belum bisa memutuskan siapa yang bakal mereka pilih sebagai pilihan mereka. Beberapa hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh media lokal di Guatemala, calon presiden dari partai aliran kanan “Partido Patriota” (PP), Otto Pérez Molina, memiliki dukungan sebesar 30% dari responden.
Namun demikian hasil jajak pendapat itu juga menunjukkan bahwa 35% orang Guatemala belum tahu siapa dari 9 calon presiden yang bakal mereka pilih. Ahli politik setempat menyatakan bahwa sikap antipati terhadap proses pemilihan ini terjadi, ketika Mantan Ibu Negara Sandra Torres dikeluarkan dari daftar calon presiden, karena pencalonannya menyalahi hukum yang berlaku.

Pengadilan Konstitusional Guatemala (yang merupakan pengadilan tertinggi), menolak pencalonan Sandra Torres karena menyalahi hukum, yang menceraikan suaminya Presiden Álvaro Colom untuk melawan hukum yang menyatakan bahwa keluarga (istri /suami/anak) dari presiden yang masih berkuasa, dilarang mencalonkan diri sebagai presiden. Menurut beberapa hasil jajak pendapat sebelumnya Sandra Torres menempat urutan kedua yakni sebesar 22%.

Melihat penolakan Sandra Torres sebagai calon presiden, Pérez Molina menyatakan bahwa, jalannya untuk menang dalam satu putaran pemilihan akan semakin terbuka. Tetapi para analis politik lokal menyatakan bahwa kemungkinan dia menang dalam satu putaran belum bisa dijamin. Hector Rosada, ahli politik Guatemala, mengatakan bahwa, para pengikut Sandra Torrez tidak akan pernah memilih Pérez Molina. Bahkan kemungkinan besar mereka akan memilih mantan pengusaha Manuel Baldizón dari Partai Libertad Democratica Renovada (Lider) atau memilih Eduardo Suger, dari Partai Compromiso, Renovación y Orden (Creo), calon yang mendapat dukungan 14% suara responden dalam jajak pendapat terakhir. Dalam beberapa hari terakhir kedua calon ini telah berusaha untuk menarik dukungan dari pendukung Sandra Torres. Sementara Pérez Molina (pensiunan Militer) memilih untuk mencari dukungan dari 35% responden yang belum memutuskan pilihan mereka. Minggu depan akan dipublikasikan jajak pendapat baru tanpa partisipasi Mantan Ibu Negara.

Yang bisa diketahui dari 8 calon presiden yang ada sekarang adalah, kebanyakan dari mereka beraliran kanan tradisional. Yang beraliran kiri hanyalah pemimpin masyarakat indígena, Rigoberta Menchú, yang pernah mendapat Hadiah Nobel Perdamaian tahun 1992, yang menurut hasil jajak pendapat terakhir memiliki 2% suara dari responden.
Pemilihan umum tanggal 11 September nanti, akan memilih presiden dan wakil presiden, kemudian memilih 158 anggota DPR, 20 anggota Parlemen Centroamericano dan 333 kepala daerah.

Sumber: http://www.diariolasamericas.com/noticia/126133/1/0/

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons