Tuesday 9 August 2011

Colombia: PELATIH SEPAK BOLA COLOMBIA "MENARIK DIRI" SEBAGAI PELATIH KARENA MEMUKUL SEORANG PEREMPUAN


Pelatih Sepak Bola Nasional Colombia, Hernán Darío Gómez, menarik diri sebagai pelatih nasional karena keterlibatannya dalam skandal, karena memukul seorang perempuan di sebuah bar hari Sabtu lalu di Bogota.

Terhadap keputusannya ini Federasi Sepak Bola Nasional Colombia (Colfutbol) mengadakan pertemuan luar biasa dan mengevaluasi langkah-langkah penting untuk mencari pelatih yang baru bagi Colombia.Juru bicara Colfutbol, Juan Felipe Mejía, mengatakan bahwa masih ada beberapa hari untuk berrefleksi bagi pelatih Gomez, Federasi Sepak Bola Colombia dan juga dunia sepak bola umumnya. Sampai sekarang belum ada pembicaraan dari para pemain bolakaki Colombia, yang masih mendukung Gomez sebagai pelatih mereka. Sementara Colfutbol masih belum memutuskan apakah Federasi akan menerima keputusannya atau tidak.

Hari Senin kemarin, Gomez telah mengirimkan sebuah pernyataan publik untuk meminta maaf atas perlakuannya terhadap seorang perempuan yang menemaninya saat dia keluar dari sebuah bar di pusat kota Bogota. Gomez menyatakan bahwa, “Berhadapan dengan insiden personal yang terjadi Sabtu lalu, yang juga menyiksa saya sejak saat itu, saya ingin menyatakan secara publik bahwa dari hati yang paling dalam, saya menyesal dengan tindakan tersebut, karena tidak bisa mengontrol diri saya”, kata pelatih yang berumur 55 tahun tersebut. “Aksi yang saya lakukan itu memalukan saya dihadapan ibu dan istri saya, dihadapan semua perempuan baik dari keluarga saya maupun negara saya”.

Gomez adalah pelatih Colombia saat Piala Dunia Jepang-Korea Selatan 2002 dan sekarang ini juga melatih Colombia Sub-20 yang sedang berlangsung di Colombia sampai 20 Agustus nanti. Federasi Sepak Bola Colombia menyatakan bahwa aksi yang dilakukan Gomez “tidak dapat diterima dan tidak dapat dibenarkan” . Tetapi sebelum menjatuhkan sangsi kepadanya adalah lebih baik menolongnya terlebih dahulu. Gomez menarik diri sebagai pelatih setelah pendukung utama sepak bola Colombia, Pabrik Bir Bavaria-SABMiller, menolak dengan tegas sikap pelatih ini. Presiden pabrik bir ini mengatakan “Saya telah berbicara dengan Luis Bedoya (Presiden Colfutbol), dan menjelaskan kepadanya posisi kami yang menolak secara total tindakannya itu. Sudah jelas bahwa pendukung sepak bola seperti Bavaria tidak menghendaki “Bolillo” Gomez sebagai pelatih Colombia”.

Agresi yang dilakukan oleh Gomez atas kekerasan terhadap perempuan yang menemaninya malam itu, menyebabkan gelombang reaksi penolakan di seluruh Colombia. Apalagi di Colombia tingkat kekerasan terhadap perempuan sangat tinggi. Tahun 2010 aksi kekerasan terhadap perempuan mencapai 90.000 kasus berdasarkan data dari Institut Medicina Legal.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons