Wednesday, 10 August 2011

Chile: AKSI KEKERASAN MEWARNAI DEMONSTRASI MAHASISWA CHILE


Kurang lebih 100.000 orang melakukan demonstrasi di jalanan ibu kota Chile Santiago, yang menuntut reformasi sistem pendidikan. Demonstrasi ini awalnya berjalan dengan tenang tetapi kemudian terjadi aksi kekerasan.

Beberapa kelompok anak muda melemparkan batu kepada polisi di beberapa tempat di Santiago saat para mahasiswa berdemonstrasi. Lalu mereka membakar beberapa mobil polisi dan terjadi bentrokan langsung dengan polisi yang memaksa polisi mengeluarkan gas airmata untuk membubarkan anak muda tersebut.

Sementara penanggungjawab demonstrasi menyatakan bahwa, mereka tidak terlibat dengan aksi kekerasan selama demonstrasi itu berjalan. Presiden Federasi Mahasiswa Universitas Chile, Camila Vallejo, menyatakan di twitternya, “Kami menolak semua bentuk kekerasan yang telah terjadi setelah demonstrasi damai dan kami telah melakukan demonstrasi dengan baik hari ini…Kami meminta supaya demontrasi ini berakhir dengan damai dan kami tahu bahwa yang melakukan kekerasan bukan bagian dari kami”. Anak muda yang ditahan dalam demonstrasi ini sebanyak 800 orang.

Protes mahasiswa ini didukung oleh berbagai organisasi di Chile. Masyarakat di Santiago mendukung para mahasiswa untuk melakukan demonstrasi ini. Mahasiswa menuntut perubahan sistem pendidikan nasional yang harus segera diselesaikan oleh pemerintah.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons