Thursday, 11 August 2011

Bolivia - China : KUNJUNGAN EVO MORALES DI CHINA


Presiden Bolivia, Evo Morales, melakukan dialog dengan Perdana Menteri China, Wen Jiabao, sebagai bagian dari kunjungannya untuk memperkuat relasi bilateral antara keduanya. Wen menyatakan kepada Morales bahwa kehadirannya di China merupakan hal yang penting untuk memperkuat relasi kedua negara. Lebih lagi, dia mengemukakan kepuasannya atas kehadiran Presiden Morales dalam pengresmian sebuah universitas di kota Shenzhen, di mana dia bermalam.

Dalam pertemuan di universitas itu Evo, yang juga pengagum bola kaki, menekankan pentingnya olah raga, sebagai elemen penting dan menggarisbawahi kemampuan China untuk mengorganisir perlombaan dalam skala besar, seperti Pesta Olimpiade tahun 2008.

Sebelum mengikuti perayaan di Universitas, Morales melakukan pertemuan di Shenzhen dengan Presiden China, Hu Jintao. Ia juga mengadakan dialog dengan para penguasaha China yang memiliki investasi dengan Bolivia dan pengusaha-pengusaha lain yang juga ingin menjalankan proyek mereka di Bolivia. Evo Morales menyatakan bahwa dia tiba di China dengan berbagai persetujuan penting, yang sudah ditandatangani, dan berharap bisa melakukan pembicaraan-pembicaraan lain dengan tema yang lebih penting. Sebagain besar investasi China di Bolivia berpusat pada eksploitasi sumber daya alam seperti litium, besi dan gas alam.

Karena kerjasama dengan China, Bolivia akan melancarkan tahun 2013 satelit mereka yang pertama ke angkasa luar. Menurut laporan yang diberikan, kunjugan Evo Morales akan berakhir Minggu depan setelah menelusuri Shanghai.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons